Derbi Jatim Arema FC Vs Persebaya , Memakan 127 Korban Meninggal, Begini Kronologisnya

Berita —Minggu, 2 Oct 2022 10:18
    Bagikan  
Derbi Jatim Arema FC Vs Persebaya , Memakan 127 Korban Meninggal, Begini Kronologisnya
Awal Kericuhan usai laga Arema FC kontra Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu 1 Oktober 2022.(screenshoot video twitter @mediansport

POSTPANGANDARAN.COM. (MALANG). - Laga derbi antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur Sabtu (1/10/2022) berakhir tragis. Sedikitnya 127 orang meninggal dunia akibat kerusuhan yang terjadi pascapertandingan yang dimenangkan Persebaya Surabaya dengan skor akhir 3-2 tersebut.

Kerusuhan tersebut bermula saat ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah. Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan dan Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri dan barracuda. Sementara beberapa pemain Arema FC yang masih di lapangan lantas diserbu suporter.

Kerusuhan tersebut semakin membesar. Sejumlah flare dilemparkan termasuk benda-benda lainnya. Petugas keamanan gabungan dari kepolisian dan TNI berusaha menghalau para suporter tersebut.

Ada kobaran api pada sejumlah titik di dalam stadion tersebut. Terlihat dua unit mobil polisi yang salah satunya adalah mobil K9 dibakar. Sementara satu mobil lainnya rusak parah dengan kaca pecah dan dalam posisi miring di bagian selatan tribun VIP.

Dengan jumlah petugas keamanan yang tidak sebanding dengan jumlah ribuan suporter Arema FC tersebut, petugas kemudian menembakkan gas air mata di dalam lapangan. Tembakan gas air mata itu membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernafas.

Banyaknya suporter yang pingsan, membuat kepanikan di area stadion. Banyaknya suporter yang membutuhkan bantuan medis tersebut tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang disiagakan di Stadion Kanjuruhan.

Banyak suporter yang mengeluh sesak nafas terkena gas air mata dan terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion. Para suporter tersebut panik dan akhirnya berhamburan.

Baca juga: Gubernur Ridwan Kamil Pimpin Hari Kesaktian Pancasila 2022 di Lapangan Gasibu

Hingga Minggu dini hari (2/10/2022) sekitar pukul 00.23 WIB dinihari, kondisi di luar stadion terlihat truk yang mengangkut suporter hilir mudik untuk mereka yang membutuhkan perawatan.

Hingga saat ini pihak Polres Malang dan manajemen belum memberikan keterangan resmi terkait adanya jumlah korban yang meninggal dunia akibat tragedi tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, sedikitnya 127 orang meninggal dunia dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang. Korban meinggal dunia rata-rata adalah terdiri dari suporter Arema FC dan anggota polisi.

Kapolda jatim mengatakan, jika korban yang meninggal dunia di dalam stadion Kanjuruhan Malang tercatat sebanyak 34 orang. Sementara korban yang lain meninggal di rumah sakit pada saat proses pertolongan.

Kericuhan sendiri bermula saat para suporter menyerbu lapangan usai timnya kalah melawan Persebaya. Kerusuhan tersebut bermula saat ribuan suporter Aremania merangsek masuk ke area lapangan setelah Arema FC kalah. Diketahui dalam laga itu, Arema FC kalah dengan skor 3-2 atas Persebaya.

Pemain Persebaya langsung meninggalkan lapangan dan Stadion Kanjuruhan menggunakan empat mobil Polri dan barracuda. Sedangkan beberapa pemain Arema FC yang masih di lapangan lantas diserbu suporter.

Kondisi ini membuat polisi menembakkan gas air mata. Gas air mata juga ditembakkan ke arah tribun yang berujung membuat para suporter panik, berlarian, dan terinjak-injak.

Terpisah Ketua Komite Disiplin (Komdis) PSSI, Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing sangat menyesalkan kericuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang kemudian merembet di area di sekitar stadion.

Seperti diketahui laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) yang berakhir 2-3 akhirnya berakhir ricuh. Ribuan Aremania mengamuk di dalam dan di luar stadion karena tim kesayangan mereka takluk dari Persebaya.

''Setelah mendapat laporan dari PT Liga Indonesia Baru, kami segera menyidangkan kasus ini. Arema bisa jadi dalam sisa pertandingan kompetisi BRI Liga 1 musim ini tidak diperkenankan menjadi tuan rumah. Selain itu sanksi lainnya juga menanti,’’ kata Erwin dikutip dari laman PSSI. (SN/Ali)

Baca juga: Ini Harapan Luis Milla untuk Bobotoh

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait