Buku Keterbukaan Informasi Publik 2022 Diluncurkan

Berita —Rabu, 28 Sep 2022 16:08
    Bagikan  
Buku Keterbukaan Informasi Publik 2022 Diluncurkan
Saat peluncuran Buku Keterbukaan Informasi Publik 2022.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTPANGANDARAN (KOTA BEKASI),- Jawa Barat menerima penghargaan sebagai Provinsi Terbaik Pertama dalam Penyusunan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) se-Indonesia tahun 2022.  Penyerahan penghargaan tersebut berbarengan dengan peluncuran buku I, II, III Keterbukaan Informasi Publik 2022 di Kota Bekasi, Kamis (22/09/2022).

Ketua Komisi Informasi Jabar Ijang Faisal menjelaskan, buku I, II, III Indeks Keterbukaan Informasi Publik yang diluncurkan KI Pusat, di dalamnya memuat kompilasi hasil penilaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan KI Pusat.

"Jadi semua catatan perjalanan tentang penilaian KI Pusat mulai bulan Februari hingga Juli 2022 itu semua tertuang dalam ketiga buku itu. Dalam ketiga buku itu juga memuat hasil survei atau pendapat dari berbagai kalangan seperti akademisi, masyarakat, media dan lain-lain tentang keterbukaan informasi publik, yang akhirnya menjadi salah satu unsur penilaian oleh KI Pusat," jelas Ijang dalam siaran pers Pemprov Jabar.

Baca juga: Jabar, Provinsi Terbaik Pertama Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2022

Ijang juga menjelaskan, bahwa prestasi yang diraih Jabar tidak terlepas dari hasil inovasi dan kolaborasi semua pihak, terutama dorongan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Pak Gubernur terus mendorong agar kita berinovasi dan kolaborasi pentaheliks. Itu kita impelementasikan di antaranya dengan digital monev yang sudah dilakukan di Jabar, untuk memantau dan mengevaluasi para kinerja PPID di masing-masing OPD di Jabar," paparnya.

Ijang berharap, yang harus didorong ke depan tentang keterbukaan informasi publik jangan hanya menjadi kewajiban akibat adanya aturan semata, tetapi harus menjadi budaya yang melekat baik di masyarakat, terutama di birokrasi.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Motor Listrik Zero SR, Tampil Beda dengan Gaya Naked Bike

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait