Panon Jabar Wujudkan Ekosistem Digital dan Peluang bagi UMKM dan Koperasi

Berita —Rabu, 28 Sep 2022 13:45
    Bagikan  
Panon Jabar Wujudkan Ekosistem Digital dan Peluang bagi UMKM dan Koperasi
Panon Jabar wujudkan ekosistem digital dan peluang bagi UMKM dan koperasi.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTPANGANDARAN (KOTA SEMARANG),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022 kategori Pelayanan Publik terkait transformasi digital yang dilakukan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui inovasi Program Pendanaan Online (Panon) Jabar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar Ika Mardiah mengungkapkan kalau hal ini merupakan kebanggaan yang saling menginspirasi antar daerah untuk mencapai sebuah kemajuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.  Capaian ini juga memompa semangat untuk terus melakukan inovasi berbasis digital untuk merespons salah satu tantangan disrupsi global. 

Panon Jabar digulirkan pada Januari 2022 bertujuan untuk mewujudkan ekosistem digital dan membuka peluang bagi UMKM, maupun koperasi mengikuti pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemprov Jabar, menurut siaran pers Pemprov Jabar. 

Baca juga: Ridwan Kamil Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Dalam program ini Pemprov Jabar berkolaborasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan lembaga lain seperti Bank BJB, Investree, Koinworks, maupun lembaga fintech lending lainnya yang tergabung dalam AFPI.  

Sejumlah manfaat bisa diperoleh dalam Program Panon Jabar,  diantaranya kemudahan bagi penyedia untuk mengajukan pendanaan, dan proses dilakukan secara online.  

Selain itu meningkatkan pula kualitas hasil pengadaan barang dan jasa ( value for money ), memberikan akses pendanaan modal kerja kepada UMKM dan koperasi dengan proses yang lebih cepat, efisien, serta serba digital dengan syarat yang lebih mudah.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Tahun 2022, Ekonomi Indonesia Jauh Lebih Baik

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait