“Great Bandung” Serap Lebih dari 3 Ton Sampah

Berita —Minggu, 25 Sep 2022 13:13
    Bagikan  
“Great Bandung” Serap Lebih dari 3 Ton Sampah
Great Bandung serap lebih dari 3 ton sampah.* (FOTO: Diskominfo Kota Bandung)

POSTPANGANDARAN (KOTA BANDUNG),- Masyarakat bisa menukar sampah menjadi sembako di acara “Great Bandung”.  Sampah tersebut dikonversi ke dalam bentuk voucher.  Untuk mendapatkan voucher saat acara Great Bandung, masyarakat hanya perlu membawa sampah. 

Nilai sampah tersebut kemudian dikonversi ke dalam bentuk rupiah, lalu ditukarkan dengan voucher belanja.  Adapun batas minimal sampah yang dibawa yakni setengah kilogram. Great Bandung digelar pada  9, 17, 23, dan 24 September 2022 dari pukul 08.30 hingga 14.00 WIB.

Direktur Bank Sampah Induk Kota Bandung, Elis Solihat menyebut, dari tiga titik awal gelaran Bandung Great Sale, lebih dari 3 ton sampah telah diserap oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung.  Menurut siaran pers Diskominfo Kota Bandung.

Jumlah itu didapat dari rincian 900 kilogram sampah pada gelaran pertama, lalu sekitar 2,4 ton (gelaran kedua), dan sekitar 700 ton (gelaran ketiga). Dari tiga edisi saja, sekitar 3,9 ton sampah sudah terkumpul.

Baca juga: #HJKB212 Sampah Jadi Kupon Belanja, Great Bandung Diserbu Warga

“Ditambah gelaran keempat hari ini karena datanya belum masuk. Setelah kegiatan akan kami rekap,” ujar Elis.

Sampah yang sudah terkumpul juga punya harga tinggi. Elis menyebut, ada warga yang sampai mendapat voucher Rp1 juta dari kegiatan ini.

“Itu biasanya sampah kolektif yang ditukar ke sini,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan ini tidak berhenti sebagai rangkaian Hari Jadi ke-212 Kota Bandung.

“Kegiatan ini bagus untuk mengedukasi masyarakat agar menjadi nasabah di Bank Sampah Induk Kota Bandung,” ujarnya.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Jadikan Bandung Tertib, Rapi dan Aman

Editor: Laila
								
    Bagikan  

Berita Terkait