ASN harus Membentuk Karakter yang Andal, Terukur dan Hebat

Berita —Kamis, 15 Sep 2022 14:40
    Bagikan  
ASN harus Membentuk Karakter yang Andal, Terukur dan Hebat
Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/09/2022).* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTPANGANDARAN (DKI JAKARTA),- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menyerahkan surat keputusan tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Daerah dalam Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/09/2022).

Dalam Rakor tersebut, Anas mengatakan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) mulai jadi perhatian. Salah satunya ASN ini, harus membentuk karakter yang andal, terukur dan hebat.   Dalam siaran Pers Pemprov Jabar.

"Indonesia bisa menduduki empat besar ekonomi dunia di 2050. Dan mungkin saja kita dua besar dunia. Maka yang kita siapkan bukan hanya sektor industri, tapi pengelolaan SDM kita yang andal, hebat dan terukur," kata Anas.

Kepada peserta yang hadir, Anas mengajak untuk bergerak cepat dalam menerapkan reformasi birokrasi di setiap daerah. Ia berharap dalam beberapa waktu ke depan tidak ada lagi sistem penumpukan kertas yang mengganggu alur birokrasi.

"Birokrasi harus melayani, harus berdampak, birokrasi ini bukan pertumpukan kertas, birokrasi ini harus cepat," imbuhnya.

Baca juga: Bikin Pemerintah Panik, Siapakah Bjorka?

Para gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia hadir dalam rakor tersebut membahas tentang arah kebijakan Pemerintah Pusat terkait pengadaan ASN 2022. Salah satunya fokus pada pelayanan dasar yakni guru dan tenaga kesehatan.

Menteri Anas menyampaikan apresiasi Presiden dihadapan para peserta Rakor yang hadir. Menurutnya, inovasi-inovasi dari tiap kepala daerah yang memang paling baik akan direplikasi secara nasional.

"Pak Presiden pun mengapresiasi berbagai inovasi dari Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia. Inovasi yang hebat ini kita replikasi secara nasional," ucapnya.

Kecanggihan teknologi digital, menurut Anas, harus direspons dengan baik. Maka dari itu, dirinya mengajak seluruh kepala daerah menciptakan terobosan dengan menghadirkan Mall Pelayanan Publik Digital.

"Kita akan ciptakan Mall Pelayanan Publik Digital karena semua kegiatan bisa dilakukan dengan HP (handphone)," tuturnya.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Bek Arema FC Bertindak Sportif, Temui Gelandang Persib Erwin Ramdani

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait