Terasering Bojongsari Tawarkan Wisata Budaya sekaligus Keindahan Alam, Ini Lokasinya

Berita —Selasa, 13 Sep 2022 15:29
    Bagikan  
 Terasering Bojongsari Tawarkan Wisata Budaya sekaligus Keindahan Alam, Ini Lokasinya
Terasering Bojongsari.* (FOTO: tourism.pangandarankab.go.id)


POSTPANGANDARAN,- Saung Ranggon atau lebih dikenal dengan sebutan Terasering Bojongsari menawarkan keindahan pemandangan pesawahan terasering dan batu-batuan alam yang berukuran besar dengan hamparan tanaman padi.

Terasering Bojongsari terletak di Desa Bojongsari Kecematan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Sekitar 31km dari pantai Pangandaran. Dan sekitar 1 jam jika menemouh perjalanan darat. Bojongsari memiliki daya tarik wisata yang lengkap. Selain menawarkan keindahan alam, juga menawarkan wisata budaya seperti Seni Budaya Ronggeng Gunung yang akan ditampilkan setiap musim panen tiba.

Baca juga: Daniel Henney Kembali dalam Film “Confidential Assignment 2 : Internasional”, Ini Profilnya

Melansir dari tourism.pangandarankab.go.id, berdasarkan penuturan sesepuh budaya di Desa Bojongsari, Oman Abduraohman, diceritakan bahwa dulu Nyi Mangunsari (murid Dewi Rengganis) menyebarkan ajaran Ronggeng Gunung di Desa Bojongsari. Tepatnya di Dusun Gontelang. Ini merupakan asal usul Ronggeng Gunung di Desa Boongsari. Di Terasering Bojongsari juga terdapat Curug Endep dan Curug Bawang yang sangat sayang jika dilewatkan.

Konon, Curug Bawang dulunya adalah tempat penyimpanan alat gamelan Ronggeng Gunung. Berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat, siapapun yang meminjam alat tersebut harus dikembalikan di hari yang sama. Terlepas dari semua mitos juga kepercayaan masyarakat sekitar, dimanapun kita berada kita tetap harus menjaga sikap, tutur kata dan juga etika.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Pasific Sterrato, Vito dan Mizone Ramaikan Kancah Motor Listrik

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait