Ratu Elizabeth II, Ciptakan Sejarah Baru Inggris

Berita —Sabtu, 10 Sep 2022 13:15
    Bagikan  
Ratu Elizabeth II, Ciptakan Sejarah Baru Inggris
caption foto: Ratu Elizabeth II, Ciptakan Sejarah Baru Inggris.*(FOTO: Twitter)

POSTPANGANDARAN,- Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun. Ia duduk di takhta kerajaan selama 70 tahun lebih sejak dinobatkan menjadi Ratu Inggris di usia 25 tahun. Ratu Elizabeth II juga adalah pemegang takhta kerajaan Inggris terlama selama sejarah.

Kabar duka Ratu Elizabeth II meninggal disampaikan oleh pihak Istana Buckingham. Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia pada Kamis (08/09/2022). Semua anak Ratu Elizabeth II berkumpul di detik-detik kepergian Kepala Negara Inggris ini.

Dengan didampangi tim medis Kerajaan Inggris, ratu monarki dari konstitusional 16 negara berdaulat di Inggris ini menghembuskan napas terakhirnya. Kabar ini pun lantas menyebar ke seluruh Inggris dalam waktu sekejap.

Ratu Elizabeth II lahir dengan nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary pada 21 April 1926 di London. Ia merupakan putri dari Pangeran Albert, Duke of York atau Raja George VI dan Elizabeth Bowes-Lyon.
Gelar Elizabeth II setelah kelahirannya adalah Her Royal Highness Princess Elizabeth of York (Yang Mulia Putri Elizabeth dari York).

Baca juga: Viar New Q1, Motor Listrik Buatan Lokal dengan Banyak Keunggulan

Melansir Britannica (09/09/2022), ketika Ratu Elizabeth II lahir, George V atau sang kakek sedang menduduki takhta sebagai Raja Inggris. Di tahun 1936, putra sulung George V yang merupakan paman dari Ratu Elizabeth II diangkat menjadi Raja Edward VIII.

Secara otomatis, ayah dari Ratu Elizabeth II naik takhta menjadi Raja George VI. Ayah Ratu Elizabeth II dimahkotai pada tahun 1937 dan mengambil nama George untuk menekankan kesinambungan dengan ayahnya.

Raja George VI meninggal dunia pada tahun 1952 atau saat Ratu Elizabeth II masih berusia 25 tahun. ibunya pun menjadi Ibu Suri, sementara Elizabeth II naik takhta menjadi Ratu. Ratu Elizabeth II masih sangat muda saat penobatannya menjadi Ratu Inggris pada tahun 1953.

Proses penobatan Ratu Elizabeth II ini juga merupakan sejarah baru di Kerajaan Inggris. Ia menjadi ratu pertama yang upacara penobatannya disiarkan langsung di televisi.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Festival Film Pendek Himpaudi, Tontonan yang Jadi Tuntunan Anak

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait