Viar New Q1, Motor Listrik Buatan Lokal dengan Banyak Keunggulan

Berita —Sabtu, 10 Sep 2022 11:37
    Bagikan  
Viar New Q1, Motor Listrik Buatan Lokal dengan Banyak Keunggulan
Motor Listrik Viar New Q1.* (FOTO: Pinterest)


POSTPANGANDARAN,- Viar yang awalnya memproduksi sepeda listrik, mulai mengembangkan motor listrik di tahun 2015 dengan nama Viar Q1. Viar melihat keadaan dunia yang semakin mengkhawatirkan, sehingga menyebabkan pemanasan global di bumi semakin parah. Viar bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Bosch (produsen motor listrik) untuk melakukan pengembangan pada motornya dan meluncurkan motor listriknya di tahun 2017.

Tapi kini ada beberapa pembaruan pada Viar Q1. Sekarang keluarlah Viar New Q1 di tahun 2019 dan bertahan hingga tahun 2022 Viar belum mengeluarkan versi terbaru lagi. Desain Viar New Q1 ini memiliki tampilan retro yang stylish namun tetap memberikan kenyamanan saat mengendarainya. Dimensi motor berukuran panjang 1.680mm, lebar 690mm dan tinggi 1.220mm lalu beratnya 78,5 kg.

Untuk lampu depan LED mempunyai desain yang unik seperti persegi panjang yang ujungnya membulat dan letaknya berada di bawah bagian depannya. Lalu untuk menutupi bagian speedometer, Viar memberikan pelindung yang berbentuk bulat. Bagian lampu belakang juga sudah menggunakan LED. Lampu merah dan sein-nya didesain menyatu dengan tulisan Q1 yang menonjol dibawahnya. Selain tulisan Q1 ada juga tulisan Viar di bagian kiri kanan bodinya.

Baca juga: Festival Film Pendek Himpaudi, Tontonan yang Jadi Tuntunan Anak

Lanjut ke bagian kaki-kaki, untuk suspensi depan menggunakan telescopic front suspension dan belakang double swing shock absorber. Selain itu juga, sudah menggunakan ban tubeless dengan ukuran 90/90- 10 untuk kedua bannya. Pengereman pun sudah menggunakan rem cakram untuk kedua bagian depan dan belakang.

Motor listrik dari Bosch dengan power maksimal 800 watts. Diklaim bisa mencapai kecepatan 60 km/jam dan mampu menempuh jarak 60 km dengan satu baterai. Dari kapasitas baterai menggunakan baterai Lithium-ion (60v 23Ah) yang diletakan di bawah jok dan bisa menggunakan 2 baterai. Lama pengisian dari 0-100 sekitar 4-5 jam dengan charger masuk 220 V dan power 50Hz.

Untuk fitur motor listrik ini sudah memiliki beberapa keunggulan. Tersedia fitur USB charging yang digunakan untuk mengisi smartphone, panel meter sudah full digital dengan desain yang minimalis tapi modern, dan ada smart key. Motor listrik dari BOSCH yang terbukti kualitasnya, lengkap dengan fitur mode berkendara standar dan sport. Keberadaan emergency throttle position yang berfungsi untuk mengunci tuas gas.

Varian warna untuk New Q1 ini tersedia warna putih dengan jok retro warna coklat. Harga motor berada dikisaran harga Rp 19 jutaan.* (RENALDI)

Baca juga: Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat Kembali Digelar November 2022

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait