Buat Makanan Lebih Sehat, Berikut Alternatif Metode Memasak Tanpa Minyak Goreng

Berita —Senin, 5 Sep 2022 15:57
    Bagikan  
Buat Makanan Lebih Sehat, Berikut Alternatif Metode Memasak Tanpa Minyak Goreng
FOTO: pexels.com/SarahChai

POSTPANGANDARAN.COM.,- Saat berbicara mengenai masakan, tidak hanya faktor kelezatan yang perlu diperhatikan. Namun, faktor kesehatan juga harus menjadi perhatian. Selama ini, memasak makanan dengan cara menggoreng sudah sangat umum diterapkan pada keseharian masyarakat. Padahal, mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Dalam kondisi saat ini di tengah gejolak harga minyak goreng yang sempat mengalami kenaikan, akan sangat bijak jika kita juga memahami metode memasak selain menggoreng. Bukan hanya agar kesehatan lebih terjaga, tetapi kondisi ekonomi juga akan terbantu dengan menghemat penggunaan minyak goreng.

Di sini kami akan merangkum beberapa metode memasak tanpa menggunakan minyak goreng, atau setidaknya menggunakan hanya sedikit minyak goreng. Jangan khawatir terhadap rasa masakan, selama menggunakan bumbu dan bahan yang tepat, memasak menggunakan metode apa pun akan tetap membuat makanan terasa enak. Untuk itu mari simak metode memasak alternatif berikut ini.

1.      Menumis

Teknik memasak dengan cara menumis adalah teknik memasak yang hanya menggunakan sedikit minyak dan waktu memasaknya juga jauh lebih singkat dibanding dengan menggoreng. Dengan menumis, kandungan gizi pada makanan juga lebih terjaga khususnya pada sayuran karena hanya dimasak dalam waktu yang singkat.

Terkadang untuk menumis, kita tidak perlu menggunakan minyak goreng. Sebagai gantinya, margarin atau mentega dapat digunakan karena akan menambah cita rasa pada masakan. Margarin juga dapat mengurangi kadar garam pada masakan sehingga makanan bisa lebih sehat.

Agar rasa makanan lebih enak, penting untuk mengetahui teknis menumis yang secara umum dibedakan menjadi tiga, yaitu saute, stir fry dan sweating. Ketiga hal tersebut adalah metode menumis yang biasanya digunakan, tergantung bahan dan tujuan memasak. Dengan memahami teknik menumis tersebut hasil masakan juga akan lebih baik daripada hanya sekedar menumis.

2.      Mengukus

Dengan menggunakan uap air sebagai media untuk memanaskan bahan makanan, metode kukus juga sudah cukup sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Seperti pepes ataupun berbagai jenis dimsum dimasak menggunakan metode ini.

Mengukus biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses memasaknya dan perlu menggunakan wadah khusus. Namun, dengan seiring perkembangan zaman mengukus saat ini bisa dengan mudah dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat.

Bahkan mengukus menggunakan rice cooker juga dapat dilakukan sembari menanak nasi. Dengan memanfaatkan uap dari proses menanak nasi, kita juga dapat sembari mengukus beberapa makanan.


Baca juga: Para Petualang Wajib Jelajah Goa Sinjang Lawang

3.      Memanggang

Metode memasak dengan cara memanggang pada dasarnya adalah dengan memanfaatkan hawa panas agar makanan menjadi matang. Secara umum teknik memanggang dibedakan menjadi dua, yaitu baking dan roasting. Keduanya sebenarnya menggunakan teknik yang sama, tetapi yang menjadi perbedaan adalah bahan yang dimasak.

Teknik memanggang biasanya dilakukan dengan menggunakan oven dengan pengaturan suhu tertentu dan memakan waktu lebih lama dibanding metode memasak lainnya. Keunggulan menggunakan teknik memanggang adalah tidak perlu menggunakan media penghantar panas seperti minyak dan air sehingga hasil masakan lebih kering.

Agar memasak dengan cara memanggang lebih optimal, yang perlu dipahami adalah faktor suhu dan lama memasaknya. Setiap bahan memiliki waktu dan suhu memanggang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, masakan yang diolah dapat menjadi lebih enak jika dimasak dengan penerapan yang tepat.

4.      Merebus

Yang selanjutnya adalah metode memasak dengan cara merebus bahan makanan. Merebus juga cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, yaitu dengan cara memasukkan bahan makanan dan bumbu ke dalam air panas. Biasanya merebus dipakai saat ingin membuat masakan yang berkuah seperti sup.

Merebus tidak hanya digunakan untuk jenis makanan berkuah saja, pengolahan sayur dan daging juga sering menggunakan cara ini. Selain itu, merebus makanan juga dikenal sebagai metode memasak yang sehat karena dapat mengurangi kadar minyak dan lemak pada makanan.

Tidak hanya terkenal dengan lebih sehat, merebus makanan ternyata juga terkenal dengan hasil masakannya yang kurang enak. Memang dengan merebus hanya menggunakan air akan membuat makanan terasa cukup hambar. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut biasanya air rebusan ditambahkan dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga masakan akan memiliki rasa yang lebih nikmat.

5.      Membakar atau Grilling

Metode memasak dengan cara membakar dapat dikatakan sebagai metode memasak yang paling dasar dan kuno. Cara memasak yang satu ini diyakini telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dulu bahkan sebelum peradaban ditemukan.

Pada dasarnya mengolah makanan menggunakan metode membakar adalah dengan langsung memasak makanan menggunakan api tanpa media penghantar panas. Hal ini tentu saja sangat sederhana dan mudah dilakukan. Akan tetapi, jika dilakukan dengan sembarangan malah akan menyebabkan makanan menjadi tidak enak.

Saat ini, memasak dengan membakar sebenarnya tidak langsung menaruh makanan di atas api, tetapi memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh arang sehingga makanan tidak langsung terbakar atau dengan memberi jarak antara api dan makanan.

Cara ini juga tergolong metode memasak yang sehat karena juga dapat mengurangi kadar lemak dan minyak pada bahan makanan. Akan tetapi, harus cukup hati-hati saat menggunakan metode ini karena dengan pengaturan api dan bahan bakar yang tidak tepat akan membuat rasa makanan menjadi tidak enak.

Itulah beberapa metode memasak tanpa menggunakan minyak goreng. Dengan menerapkan cara memasak tersebut, selain lebih sehat ternyata juga bisa lebih hemat biaya. Oleh karena itu, menggoreng bukanlah satu-satunya cara untuk memasak makanan. Jadi, mari mencoba dan selamat memasak.

Baca juga: Cari Motor Listrik Berbodi Gambot? Rakata NX3 Bisa Jadi Pilihan

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait