Bus Listrik Siap Mengaspal, Hadir Pertama Kali untuk Mahasiswa Universitas Indonesia

Berita —Sabtu, 27 Aug 2022 15:54
    Bagikan  
Bus Listrik Siap Mengaspal, Hadir Pertama Kali untuk Mahasiswa Universitas Indonesia
Bus Listrik Universitas Indonesia.* (FOTO: Istimewa)

POSTPANGANDARAN,- Pameran kendaraan listrik di Indonesia “PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022” pada Juli lalu menampilkan banyak kendaraan listrik terbaru.  Salah satu yang menjadi perhatian adalah kendaraan listrik MAB (Mobil Anak Bangsa). Berbeda dengan kebanyakan produsen kendaraan listrik lainnya yang memproduksi kendaraan pribadi, MAB berfokus pada kendaraan listrik besar dan diperuntukan untuk umum seperti truk sampah listrik, bus hingga metropod.

Dari banyaknya produk yang ditawarkan MAB, bus listrik paling menarik perhatian pengunjung PEVS 2022. Di hari pertama, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan PT Transportasi Jakarta menandatangi nota kesepakatan tentang pelaksanaan pengujian bus listrik dengan durasi tiga bulan. Kolaborasi dari dua perusahaan ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Bis Universitas Indonesia (UI) menjadi yang popular dari PT Mobil Anak Bangsa. Bus untuk mahasiswa UI ini memiliki kapasitas baterai 315.85 kwh dan dapat menempuh jarak 250km.

Baca juga: The Daddies Lolos Final BWF World Championship 2022

PT Mobil Anak Bangsa bekerja sama membuat sebuah bus listrik ukuran besar untuk wilayah perkotaan. Bus ini memiliki jenis low flow yang desainnya cukup untuk dengan bentuk kotak dan sudut-sudut yang tajam. Selain menampilkan bus UI, MAB juga turut menampilkan truk sampah listrik yang bisa digunakan di area perkotaan. Truk sampah ini bisa melakukan berbagai macam pekerjaan dari memadatkan sampah, menyapu jalanan hingga mengangkut sampah.

Truk listrik ini menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) bertenaga maksimal 200 kw dan torsi 300 Nm.  Kecepatan maksimal mencapai 50 kilometer per jam. Kemudian untuk baterainya menggunakan LifePo berkapasitas 315,8 kwh.* (PARISAINI R ZIDANIA)

Baca juga: Warga RW 11 Kelurahan Cisaranten Berpartisipasi Aktif Sambut 77 Tahun Indonesia Merdeka

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait