Makin Cantik, Wajah Baru Situ Rawa Kalong

Berita —Selasa, 9 Aug 2022 13:59
    Bagikan  
Makin Cantik, Wajah Baru Situ Rawa Kalong
Situ Rawa Kalong direvitalisasi.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

POSTPANGANDARAN (KOTA DEPOK),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (05/08/2022).  Kini, situ seluas 8,25 hektare itu memiliki sarana publik yang aman, nyaman dan menyenangkan. Fungsi lingkungan situ tetap terjaga dengan baik.  Revitalisasi Situ Rawa Kalong merupakan komitmen Pemprov Jabar menghadirkan ruang publik berkualitas bagi warga.

"Kita berupaya memberikan ruang publik yang berkualitas bagi warga Depok, salah satunya yang kita hadirkan hari ini," kata Ridwan Kamil, dalam siaran pers Pemprov Jabar.

Sebelum direvitalisasi, Situ Rawa Kalong awalnya hanya berfungsi sebagai irigasi sawah dan tempat memancing warga. Perubahan fungsi di sekitar kawasan juga menyebabkan situ ini sempat kehilangan daya tariknya.

Kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok karena memiliki gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, dan fasilitas lainnya.

"Dulu susah diakses sekarang mudah. Ada Alun-alun kecil yang mengapung di atas air sangat instagramable dan bikin bahagia warga Depok," ujarnya.

Kang Emil mengungkapkan, yang paling istimewa dari Situ Rawa Kalong pasca revitalisasi, yakni adanya catwalk terapung dan alun-alun kecil di tengah danau.  Warga bisa memanfaatkan inovasi yang belum banyak di Indonesia tersebut untuk melakukan ekspresi busana atau fashion show.

"Inovasi yang utamanya ada panggung yang mengapung di air, itu belum banyak di Indonesia," paparnya.

Syaratnya, lanjut Kang Emil, warga tetap menjaga ketertiban dan kebersihan, serta mengikuti aturan dari Pemerintah Kota Depok.

"Warga dipersilakan melakukan ekspresi apapun, yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Mau ada lomba lukis, pameran rajut, ekspresi busana atau apapun silakan selama baik dan sesuai aturan di Kota Depok," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris menjajal fasilitas floating deck  ditemani pesohor Bonge Cs.

Kang Emil memastikan, fasilitas Situ Rawa Kalong akan terus dilengkapi seperti penambahan bangku dan kamera pengawas di sejumlah titik.

"Anggaran kan kena COVID-19, jadi nanti yang kurang-kurang seperti bangku, CCTV akan ditambah sampai akhirnya lengkap," ujarnya.

Direvitalisasi sejak tahun 2020 dengan anggaran Rp 20 miliar selama tiga tahun, Pemprov Jabar merancang Situ Rawa Kalong tak hanya sebagai ruang publik, tapi juga untuk destinasi wisata, sehingga meningkatkan perekonomian warga Depok.

"Total anggarannya Rp 20 miliar, uang rakyat harus kembali ke rakyat," sebut Kang Emil.

Keistimewaan Kota Depok sendiri dibanding kota lainnya, yakni banyaknya situ atau danau. Situ-situ lainnya di Kota Depok akan direvitalisasi secara bertahap.

"Kekayaan Depok itu banyak situ atau danau, ini bukan yang pertama, situ yang lain secara bertahap kita perbaiki," ucapnya.

"Banyak dari kami buat warga Depok tercinta, seperti underpass Dewi Sartika, masjid di Margonda, hingga tujuh muara sedang kita desain," tambah Kang Emil.

Baca juga: IKIP Terbaik di Indonesia, Jawa Barat Lampaui Nasional

Gandeng Bonge Ramaikan Peresmian Situ Rawa Kalong

Model viral Citayam Fashion Week Eka Satria Saputra alias Bonge menghadiri peresmian Situ Rawa Kalong, Kota Depok, Jumat (05/08/2022).  Bonge pun mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ketika berjalan di atas floating bridge (jembatan terapung) Situ Rawa Kalong hingga ke pusat atau alun-alun jembatan terapung berwarna biru sambil diiringi musik yang tengah hit.

Dengan gaya khasnya mengenakan blazer dan topi, Bonge berjalan sambil melambaikan tangan kepada warga yang menyaksikan peresmian tuntasnya revitalisasi situ senilai Rp20 miliar tersebut. Ridwan Kamil pun terlihat tak kalah gaya dengan pembawaan model viral tersebut.

Ridwan Kamil tampil elegan berjalan dengan gaya kasual kemeja putih yang dibalut rompi dan topi laken putihnya.  Iring-iringan keduanya diikuti oleh model Citayam Fashion Week lainnya dan juga jajaran pejabat Wali Kota Depok M Idris, perwakilan dari Kementerian PUPR dan juga Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Dikky Achmad Sidik.

Hadirnya Bonge pada peresmian Situ Rawa Kalong tak dipungkiri menjadi daya tarik kemeriahan peresmian situ. Ridwan Kamil menuturkan, hadirnya Bonge, pemuda 17 tahun tersebut memastikan pihaknya tidak pilih-pilih sosok yang diajak turut menyukseskan program pemerintah.

"Siapa pun bisa kita ajak asal berikan pesan-pesan positif. Kalau Bonge hari ini viral karena ekpresinya. Kalau (Bonge dinilai) kurang, kita arahkan ke yang baik, kalau sudah baik, ya, disempurnakan," ucap Kang Emil.

Kang Emil pun meneruskan pesan-pesan Bonge yang meminta warga turut menjaga kebersihan Situ Rawa Kalong. Selain itu menjaga ketertiban, membuang sampah pada tempatnya dan menerapkan protokol kesehatan.

"Tuh kan (pesan-pesannya) bagus. Kami tidak pilih-pilih (siapa yang harus dilibatkan) karena Bonge sekarang lagi didengar, jadi Bonge dipilih," tutur Kang Emil.

Sementara itu, Bonge mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat Situ Rawa Kalong menjadi lebih indah dan nyaman untuk dikunjungi warga. Tak hanya itu, Bonge pun mengapresiasi kehadiran gubernur yang meresmikan langsung Situ Rawa Kalong.

"Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir di Kota Depok, terima kasih juga Pak Wali dan semuanya," ucapnya.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Moderasi Beragama dan Berbangsa yang Menyenangkan

 

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait