Momen Idul Adha 1443 H, Kurban Jadi Bentuk Syukur Umat Muslim

Berita —Minggu, 17 Jul 2022 11:14
    Bagikan  
Momen Idul Adha 1443 H, Kurban Jadi Bentuk Syukur Umat Muslim
DKM Masjid Ikhlasul Muhajirin selenggarakan penyembelihan hewan kurban.* (FOTO: Ajay Elang)

POSTPANGANDARAN,- DKM Masjid Ikhlasul Muhajirin menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/07/2022).  Kegiatan ini berlangsung di Masjid Ikhlasul Muhajirin, Jl. Permata Indah II, RT 002 RW 012, Kel. Cisaranten, Kec. Arcamanik.  Total hewan kurban terkumpul ada 15 ekor domba dan 10 ekor sapi. 

Kegiatan penyembelihan berlangsung setelah selesai menunaikan ibadah Shalat Idul Adha terlebih dahulu.  Lalu memulai penyembelihan, penyisitan, mengeluarkan serta membersihkan jeroan dari hewan kurban.  Selanjutnya pemotongan daging serta tulang.  Yang terakhir adalah menimbang dan mendistribusikan daging tersebut.

“Ibadah kurban menjadi upaya mendekatkan diri kepada Allah dengan merelakan, melepaskan,serta mengikhlaskan apa yang dipunyai, disenangi serta disayangi seseorang untuk dipersembahkan kepada sang Maha Pencipta,” papar H.Ir.Agus Dirmansyah, Ketua DKM Masjid Ikhlasul Muhajirin.

Agus menambahkan, “Kurban diartikan sebagai kegiatan menyembelih hewan tertentu pada Hari Raya Idul Adha dan hari tasyrik.  Dengan maksud untuk beribadah kepada Allah SWT. Kurban sejatinya merupakan bentuk syukur umat Muslim atas segala nikmat yang telah Allah berikan.”

Baca juga: Selesaikan Tugas sebagai Amirul Hajj Jabar, Ridwan Kamil Pastikan Jemaah Haji Asal Jabar dapat Pelayanan Optimal

Para pemuda masjid turut serta dalam kegiatan ini.  Mulai dari menerima hewan qurban, menjaga nya dan memberi pakannya.  Serta ikut dalam penyembelihan dan pendistribusian daging hewan kurban itu sendiri.  Sekitar 110 orang ikut dalam kepanitiaan penyembelihan hewan qurban.

“Tujuan kurban sebenarnya untuk berbagi pada sesama terutama kepada fakir miskin, kaum dhuafa serta ke panti-panti asuhan.  Mungkin mereka ada yang jarang sekali untuk makan daging, sehingga di momen Idul Adha ini semua bisa menikmati.  Juga bisa berbahagia menyambut Hari Raya Idul Adha ini,” ungkap Agus.

Baca juga: Indonesia Pastikan Satu Gelar Singapore Open 2022 Lewat Ganda Putra

Setiap Ibrahim Punya Ismail

Setiap kita adalah Ibrahim

Ibrahim punya Ismail

 

Ismailmu mungkin hartamu

Ismailmu mungkin jabatanmu

Ismailmu mungkin gelarmu

Ismailmu mungkin egomu

Ismailmu adalah sesuatu yang kau sayangi dan kau pertahankan di dunia ini

 

Ibrahim tidak diperintah Allah untuk membunuh Ismail

Ibrahim hanya diminta Allah untuk membunuh rasa 'kepemilikan' terhadap Ismail karena hakikatnya semua adalah milik Allah

 

Karena sejatinya Qurban yang paling nyata adalah menyembelih sifat hewani dalam diri kita.* (AJAY E)

Baca juga: Singapore Open 2022, Minionwati Terus Melaju Kalahkan Pasangan Asal Jerman

Editor: Admin
								
    Bagikan  

Berita Terkait