Akhiri Masa Duka, Ridwan Kamil dan Keluarga Siap Teruskan Jejak Kebaikan Eril

Berita —Rabu, 22 Jun 2022 12:12
    Bagikan  
Akhiri Masa Duka, Ridwan Kamil dan Keluarga Siap Teruskan Jejak Kebaikan Eril
(FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTPANGANDARAN (KOTA BANDUNG),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan rangkaian kegiatan duka cita (takziah) almarhum Emmeril Kahn Mumtadz yang digelar di Gedung Negara Pakuan berakhir. Pengajian  dan doa bersama yang digelar di Gedung Pakuan pada Minggu (19/06/2022) menjadi pengajian pamungkas setelah pengajian digelar selama dua pekan berturut-turut.

"Insyaallah saya bukan orang tua yang bersedih tapi berbahagia (dengan banyaknya doa baik untuk alm. Eril--sapaan Emmeril--),"  tutur Ridwan Kamil pada kesempatan pengajian dan doa bersama di Gedung Pakuan, Sabtu (18/06/2022).

Menurut Ridwan Kamil, alm. Eril bukanlah milik mereka semata. Alm. Eril merupakan milik umat. Sejumlah jejak kebaikan alm. Eril semasa hidupnya akan dilanjutkan seperti senantiasa bersedekah bagi mereka yang membutuhkan dan untuk kemaslahatan umat.

Ridwan Kamil mencontohkan, mobil antik warna merah tetap bisa dimanfaatkan untuk disewakan. Penghasilannya akan disumbangkan untuk pembangunan masjid Al Mumtadz di Cimaung Kabupaten Bandung. Termasuk pada hari ulang tahun Eril setiap tanggal 25 Juni diimbau untuk bersedekah meningkatkan kesalehan sosial.

Kang Emil, panggilan akrabnya, pun akan kembali menata sisa-sisa ungkapan duka cita yang hadir untuk keluarga besarnya. Sebanyak 1.200 karangan dan buket bunga duka cita yang ada di Gedung Pakuan maupun Gedung Sate akan dibersihkan. Dia akan menggaet seniman yang bernama Jibril untuk menyulap karangan-karangan bunga duka cita tersebut menjadi karya seni yang dapat dinikmati banyak orang.

Selebihnya, Ridwan Kamil menghaturkan banyak terima kasih atas segala bala batuan selama proses pencarian hingga pemakaman Eril tuntas. Banyak hikmah yang dia dan keluarga dapatkan selama 14 hari ke belakang ini.

"Atas nama keluarga kami menghaturkan terima kasih. Mudah-mudahan mereka yang tenaganya terkuras selama dua minggu ini dibalas oleh Allah SWT. Saya paham sekarang, kenapa Allah kasih 14 hari, untuk akhirnya dapat dipertemukan dengan Eril. Ternyata di situ ada jutaan doa, jutaan pemuda yang termotivasi, jutaan orang tua termotivasi," ucapnya.

Salah satu buah hikmah tersebut, dia dan keluarga pun diundang oleh Kerajaan Arab Saudi untuk berhaji. Ridwan pamit awal Juli bersama istri dan anak keduanya menunaikan ibadah haji sembari menghajikan Eril.

Baca juga: Pastikan PPDB Adil dan Transparan, Ridwan Kamil Meninjau Langsung Alur Pendaftaran dan Pengaduan

Ribuan pelayat

Juru bicara keluarga Gubernur Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman ungkapkan terima kasih masyarakat yang menyampaikan dukacita dalam berbagai bentuk baik langsung maupun tidak langsung. Menurutnya, ada sekitar hampir 1.200 karangan bunga duka cita yang tercatat, juga pelayat yang hadir ke makam Emmeril Kahn Mumtadz, di Desa/Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung sekitar 8.000,  di luar tamu VIP.

"Mungkin kami akan luput menyampaikan terima kasih secara personal satu per satu, kepada orang yang sudah pernah membantu menyampaikan simpati dalam berbagai bentuk. Untuk itu pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih banyak, jazakumullah. Hanya Allah sebaik-baiknya yang bsa memberi balasan," tambahnya.

Diharapkan selama ziarah masyarakat tidak mendokumentasi atau memublikasi agar khidmat mendoakan dan tidak mengganggu peziarah lain.

Sejumlah tokoh bertakjiah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertakziah ke Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (19/06/2022).

Dalam takziahnya, Sandiaga Uno mengatakan bahwa kepergian Almarhum adalah sebuah bentuk pelajaran tentang kesolehan seorang anak kepada orang tuanya dan menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia.

Baca juga: Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha 1443 H

"Ananda Eril ini mengajarkan suatu cerita yang luar biasa tentang kesolehan seorang anak, yang baru terungkap cerita setelah ananda Eril telah tiada, tadi diceritakan oleh Pak Gubernur, bagaimana amalan-amalan ananda Eril sebagai anak muda yang menjadi suatu inspirasi bagi kita semua," kata Sandiaga.

Terakhir Sandiaga juga turut mendoakan yang terbaik dan berbela sungkawa kepada Ridwan Kamil dan keluarga.

Selain Sandiaga Uno, Menko Perekonomian RI periode Mei-Oktober 2014 yang juga seorang Pendiri CT Corp, Chairul Tanjung beserta istri dan anaknya, Anita Tanjung, dan Putri Indahsari Tanjung bertakziah ke rumah dinas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Minggu (19/06/2022). Turut hadir bersama Chairul Tanjung Sekretaris Kabinet (Seskab) RI periode 2010-2014, Dipo Alam dan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso.

Dalam takziahnya Chairul Tanjung menyampaikan belasungkawa yang mendalam juga meyakini kini Kang Emil dan Atalia sudah sangat mengikhlaskan dan banyak mendapatkan hikmah atas meninggalnya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz.

"Alhamdulillah keliatan pak Gubernur beserta ibu keliatan sudah sangat mengikhlaskan dan beliau keliatannya juga menerima cobaan ini degan lapang dan banyak mendapatkan hikmah dari kehilangan putera beliau," imbuhnya.

Hal senada juga juga diungkapkan mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau akrab di sapa Bang Yos. Dia mengaku bahagia dan bersyukur melihat kondisi Kang Emil yang semakin hari  semakin ikhlas menerima kepergian alm Eril.

Bang Yos pun mengungkapkan ketakjubannya dengan situasi puluhan ribu warga mengiringi kepulangan Eril ke peristirahatan terakhirnya.

"Saya belum pernah melihat peristiwa di dunia ini di manapun seseorang yang meninggal diantar seperti ini, jadi kita semua ikhlas insyaallah ananda Eril ini ditempatkan di sisi-Nya," pungkasnya.

Ziarah ke Makam Eril

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Atalia Praratya Kamil mendampingi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Muhammad Luthfi bin Yahya berziarah ke makam Emmeril Kahn Mumtadz Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Minggu (19/06/2022)

Habib Luthfi hadir di lokasi pemakaman sekitar pukul 14.00 WIB. Kehadiran Habib Luthfi juga bersamaan dengan hadirnya masyarakat yang hingga saat ini masih ramai berziarah mendoakan putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Di area lokasi makam terlihat Habib Luthfi membacakan tahlil, dan salawat untuk Eril yang diikuti masyarakat yang ikut berziarah. Seketika lokasi pemakaman Eril sore itu menjadi teduh dan syahdu.* (Bersumber dari siaran pers / TISHA S KANILAH)

 

Baca juga: Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak Jelang Idul Adha 1443 H

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait