Ucapan Duka Cita untuk Keluarga Besar Ridwan Kamil

Berita —Kamis, 9 Jun 2022 20:56
    Bagikan  
Ucapan Duka Cita untuk Keluarga Besar Ridwan Kamil
Jenazah Eril Ditemukan,*(FOTO: Instagram @ataliapr)


POSTPANGANDARAN,- Setelah proses pencarian sekitar 2 minggu, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz telah berhasil ditemukan, Rabu (08/06/2022). Sesuai keterangan pers Kepolisian Bern dan Kedutaan Besar Indonesia di Swiss, Kamis (09/06/2022). Sebelumnya, pihak keluarga Ridwan Kamil telah mengikhlaskan Eril dan telah melangsungkan shalat ghaib.

Presiden RI Joko Widodo turut berdukacita dan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Presiden Jokowi juga turut mendoakan almarhum Eril agar diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Pertama-tama saya atas nama pribadi, bangsa, dan negara menyampaikan dukacita yang mendalam atas kepergian ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Inna lillaahi wa inna ilaihi rajiun. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisiNya,” ujar Presiden dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (04/06/2022).

Sebagai orangtua, Presiden turut merasakan betapa beratnya perasaan dan beban yang dipikul Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya dalam menghadapi kejadian yang menimpa putra sulungnya tersebut.

“Namun saya melihat bagaimana ketabahan dan ketegaran Pak Emil dan Ibu Atalia dalam menghadapi musibah, dan ini menjadi teladan bagi kita semuanya. Sekali lagi, saya sampaikan turut bela sungkawa,” imbuhnya.

“Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini. Semua milik Allah dan hanya kepadaNya kita akan kembali,” tandasnya.

Ucapan bela sungkawa

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima ungkapan bela sungkawa secara langsung dari sejumlah tokoh, pejabat dan masyarakat, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (04/06/2022).

Suasana haru menyelimuti acara yang juga diisi dengan doa bersama dan salat gaib untuk almarhum putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Sejumlah Bupati/ Wali Kota di Jabar dan para pejabat berdatangan ke Gedung Pakuan.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun turut menyampaikan bela sungkawa atas nama warga Palestina secara langsung kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil atas wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (05/06/2022).

"Saya Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia menyampaikan rasa duka sedalam-dalamnya atas musibah, tragedi, yang menimpa keluarga bapak gubernur, atas wafatnya ananda Eril," ucap Zuhair.

"Saya menyampaikan bahwa pada detik ini beliau tidak akan merasa sedih sendirian. Kami pun merasa demikian, merasa kehilangan, karena sesungguhnya rasa duka, rasa hilang, terhadap keluarga utamanya anak merupakan suatu yang sangat dalam," katanya.

Baca juga: Jasad Eril Ditemukan, Kang Emil Kembali Berangkat Menuju Swiss

Kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tak henti-henti kedatangan tokoh untuk memberikan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Tampak di antaranya kedatangan sejumlah tokoh politik, yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa, yang hadir di Gedung Negara Pakuan (Rumah Dinas Gubernur Jabar), sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa (07/06/2022).

Keduanya datang untuk bertakziah dan menguatkan Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil agar tetap tabah dan ikhlas dalam menjalani aktivitasnya. Apalagi Kang Emil harus mengurusi 50 juta jiwa penduduk Jawa Barat.

“Kami datang hari ini dan tidak awal-awal karena terus terang tak mudah. Kita saja terasa berat dan terpukul sebagai seorang sahabat Kang Emil, kami tak bisa melukiskan dengan kata-kata,” kata Zulkifli Hasan saat ditemui awak media di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Zulkufli tak datang sendirian, saat menyambangi kediaman Kang Emil. Ia bersama Hatta Rajasa yang turut mendoakan agar upaya pencarian Eril bisa berjalan lancar.

“Kami memberikan rasa simpati dan duka, sekaligus kami mendoakan agar upaya-upaya kita untuk menemukan kembali Eril dikabulkan Allah SWT. Kalau Allah berkehendak apa pun bisa terjadi,” ucap Hatta.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi juga bertakziah langsung ke Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (07/06/2022) malam. Menpora Zainudin Amali datang dengan pakaian putih dan memakai peci. Saat ditemui usai bertakziah, ia turut berduka atas berpulangnya Eril.

"Saya turut berdukacita pada Bapak Gubernur Jawa Barat Pak Ridwan Kamil atas berpulangnya putra beliau. Saya mendoakan almarhum husnulkhatimah diterima semua amal baiknya diampuni segala hilap dan salahnya," kata Zainudin.

Gubernur Sumbar Mahyeldi pun mengungkapkan belasungkawa yang mendalam.

"Atas nama pribadi dan keluarga, kami turut berduka atas kepergian Eril, insyaallah ananda syahid, dan menjadi tabungan Kang Emil di surga," ucap Buya Mahyeldi.

Selama berbincang, menurut Buya Mahyeldi, Kang Emil terlihat tegar dan tabah ketika menceritakan anak sulung yang sangat ia cintai.

Keluarga Ridwan Kamil juga menerima ucapan belasungkawa dari Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta istri menyambangi Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (06/06/2022).

"Jadi kami hadir bertemu dengan Kang Emil dan Teh Atalia menyampaikan ungkapan belasungkawa rasa dukacita kami, pribadi, keluarga dan atas nama seluruh masyarakat Jakarta. Hari Jumat kemarin, masjid di Jakarta mengadakan salat ghaib untuk Eril itu yang tadi kami sampaikan," ungkap Anies.

"Kami yakin insyaallah Eril husnulkhatimah ditinggikan derajatnya di sisi Allah dan nantinya insyaallah menjadi pembuka pintu jannah (surga) bagi ibunya, ayahnya, kita tidak pernah tahu siapa lahir duluan siapa wafat duluan," ujar Anies.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga bertakziah ke kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (08/06/2022). AHY merasakan apa yang dirasakan keluarga Ridwan Kamil. Menurut AHY, kepergian putra sulung, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, sangat mengejutkan dan pasti meninggalkan luka mendalam.

"Saya tadi membisikkan ke telinga Kang Emil bahwa 'saya tidak mungkin bisa berpura-pura merasakan apa yang Kang Emil dan Teh Lia (Atalia) serta keluarga besar rasakan karena memang sangat mengejutkan dan tentunya meninggalkan luka yang dalam," ujar Agus Harimurti.

AHY juga mendoakan almarhum Eril husnulkhotimah dan segala amal perbuatannya terima di sisi Allah swt. Ketua Umum Partai Demokrat juga memberikan motivasi secara spiritual agar keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan kekuatan dalam menerima takdir ini.

AHY merasa kagum dengan ketegaran dan keikhlasan yang ditunjukkan Kang Emil. Meski jenazah almarhum masih belum ditemukan, Ridwan Kamil komitmen menjalankan tugas sebagai Gubernur Jabar dengan pulang ke Tanah Air tepat waktu.* (Bersumber dari siaran pers / TISHA S KANILAH)

Baca juga: “Indonesia Masters 2022”, Ada 18 Wakil Indonesia Lolos Babak 16 Besar

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait