Wabup Pangandaran : Tagana Banyak Memberikan Kontribusi kepada Masyarakat Setempat

Berita —Rabu, 31 Mar 2021 10:07
    Bagikan  
Wabup Pangandaran : Tagana Banyak Memberikan Kontribusi kepada Masyarakat Setempat
Suarabaru
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN 
Taruna Siaga Bencana ( Tagana)  adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

Pada acara coffe morning bersama TaganaIndonesia dalam rangka HUT Tagana Indonesia di salah Rumah Makan Minasari di Blok Pamugaran, Kabupaten Pangandaran, kemaren, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan menyampaikan apresiasi kepada  Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam penanganan bencana alam.

"Kehadiran Tagana khususnya di Kabupaten Pangandaran sangat penting, mengingat Pangandaran merupakan salah satu daerah yang rawan bencana," ujarnya kepada wartawan.

Menurut orang nomor dua di Kabupaten Pangandaran itu, secara geografis Kabupaten Pangandaran berada di tepi lautan yang mempunyai potensi bencana tsunami. Selain itu, banyak juga daerah aliran sungai yang bisa menimbulkan potensi banjir dan juga pegunungan yang berpotensi bencana longsor.

"Tagana punya peran penting dalam memberikan edukasi, rasa percaya diri kepada masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan rasa empati dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana," tuturnya.


Mitigasi Bencana

Ujang mengatakan, berbagai kegiatan telah dilakukan antara Pemerintah dengan masyarakat dalam menyikapi tingginya kerawanan dan ancaman bencana. "Upaya mitigasi bencana sebagai langkah untuk memiliki sikap kesiapsiagaan dan mampu mendeteksi dini gejala atau tanda akan munculnya bencana," terangnya. 

Kata dia, kesiapsiagaan suatu wilayah tentu saja akan memiliki arti penting dalam rangka meminimalkan korban baik jiwa maupun materi. 

"Kehadiran Tagana banyak sekali manfaatnya dan telah memberikan kontribusi besar yang penting dalam penanggulangan bencana di Pangandaran," ungkap Ujang.

Menurut dia, bahwa Tagana juga dinilai sigap dalam kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan di masa pra bencana, penanganan dan perlindungan bagi korban di masa tanggap darurat hingga pendampingan bagi korban bencana.

"Saya mewakili Pemerintah Daerah Pangandaran dan pribadi mengucapkan selamat memperingati hari lahir Tagana ke- 17 semoga kedepan selalu sukses," pungkasnya.(dry)
Editor: Rony
								
    Bagikan  

Berita Terkait