Ingat Tragedi Mall Klender 1998? Saksikan Kisahnya dalam Youtube RJL 5 Fajar Aditya (Bagian 1)

Berita —Selasa, 29 Mar 2022 14:53
    Bagikan  
Ingat Tragedi Mall Klender 1998? Saksikan Kisahnya dalam Youtube RJL 5 Fajar Aditya  (Bagian 1)
Rekam jejak tragedi Mal Klender tahun 1998.* (FOTO: tangkapan layar kanal Youtube RJL 5 Fajar aditya)


POSTPANGANDARAN,- Youtube RJL 5 Fajar Aditya kali ini akan membahas tentang Tragedi Mal Klender di tahun 1998, yang merenggut ratusan nyawa manusia, mau tahu kisah selengkapnya?  Sudah lebih dari 20 tahun tragedi ini terjadi, tapi masih saja membekas kepiluannya di benak masyarakat Indonesia.

Mal Klender merupakan salah satu tempat paling parah yang terkena dampak amukan massa pada bulan Mei 1998. Kala itu gelombang demonstrasi para buruh terjadi dimana-mana. Salah satunya adalah yang terjadi di Ibu Kota, Jakarta.

Demonstrasi tersebut salah satunya adalah dengan tujuan melengserkan Presiden soeharto. Mahasiswa, buruh hingga pekerja lain ikut berpartisipasi didalamnya.  Sayangnya, tak lepas ada peran provokator yang memanfaatkan situasi tersebut. Seperti di Mal Klender yang terkena dampak parah.

Dalam Youtube RJL 5 Fajar Aditya juga menceritakan tentang bagaimana kebakaran yang terjadi di Mall Klender berdasarkan pengakuan Atin dan Suyono.

Atin adalah seorang penjual makanan yang terletak persis di samping mal tersebut, sementara Suyono adalah saksi sejarah yang mengingat betul bagaiamana peristiwa ini.

Saat itu pukul 1 siang, ada beberapa orang di jalan yang mengajak untuk menjarah Mal Klender.  Sudah banyak orang berkumpul di depan mal tersebut.

Ada puluhan petugas yang menjaga mal tersebut untuk menghalau orang-orang yang ingin masuk secara paksa.  Terdengar juga ada suara tembakan hingga ada orang yang berbadan tinggi dan besar mengatakan, ”Masuk… ayo kita Jarah…,” katanya

Semua orang masuk hingga pagar betispun jebol.  Orang-orang berhamburan ke dalam mal yang gelap karena memang saat itu mal sengaja ditutup.

Menurut Atin, pukul 3 siang ada sekelompok orang dengan rambut cepak melempari mal tersebut dengan ban yang sudah terbakar, beberapa botol juga dilempar hingga kaca-kaca di mal itu pecah.

Bukan hanya itu saja, katanya ada seseorang yang juga melempar bom molotov ke dalam mal tersebut.

Banyak warga yang terjebak di dalam Mal Klender dalam kebakaran tersebut.  Ada juga yang berinisiatif untuk loncat dari jendela.  Namun setelah api padam, sekitar 400 orang ikut terbakar bersama mal.

Fajar Aditya juga menceritakan kisah-kisah lain yang juga memiliki pengalaman pada tragedi tersebut.  Penasaran seperti apa?  Saksikan cerita selengkapnya di Youtube RJL 5.

Kanal Youtube RJL 5


Kanal ini merupakan Kanal Youtube Horor yang viral dan popular dengan cerita-cerita misteri penuh ketegangan dan menyentuh perasaan.  Tak heran, hingga tulisan ini dimuat, RJL 5 sudah memiliki 1,8 juta subscribers.  RJL 5 didirikan Fajar Aditya dan Ivan Haryo.  Jadwal tayang tiap harinya: Selasa untuk Story telling Kisah Misteri, Kamis : Podcast Narasumber (Om Mamat), dan Sabtu untuk DIMJ (Darah Itu Merah Jendral).  Beragam informasi mengenai RJL5 juga bisa cek instagram @rjl5.official, atau Instagram Fajar Aditya @Therealadhitya dan Ivan Haryo @ivanhry.* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Ini Link Nonton Drama Korea “A Business Proposal” Episode 9

Editor: Nabila
								
    Bagikan  

Berita Terkait