Tak Lagi Kumuh, Pasar Cisarua Selesai Direvitalisasi

Berita —Kamis, 3 Mar 2022 11:35
    Bagikan  
Tak Lagi Kumuh, Pasar Cisarua Selesai Direvitalisasi
Suasana Pasar Rakyat Cisarua, Kab.Bogor setelah revitalisasi.* (Foto: Syahdan Mustafa)

POSTPANGANDARAN (KABUPATEN BOGOR),- Paska revitalisasi, Pasar Cisarua kini terlihat lebih rapi.  PKL tertata dan bebas sampah. Seluruh blok pasar menggunakan konsep atap “Julang Ngapak” khas Sunda dan terdapat foodcourt di beberapa blok yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.  Pasar Cisarua di Kabupaten Bogor ini puluhan tahun kondisinya tak tertata dan kumuh, namun kini sudah jauh lebih baik.

 Bupati Bogor Ade Yasin sempat menggambarkan Pasar Cisarua sebelum revitalisasi. Kondisinya ketika itu kumuh dan sering banjir karena drainase tak berfungsi. Selain itu, PKL yang tidak tertata menjadi pemandangan hampir tiap hari.

Pasar Rakyat Cisarua, Kab.Bogor sebelum dan sudah revitalisasi.* (Foto: Syahdan Mustafa)

"Dulu kondisinya cukup memprihatinkan, kumuh, drainase tak berfungsi, banjir, PKL tak tertata, dan banyak sampah. Sekarang semua itu sudah tidak ada," sebut Bupati.

Pemda Provinsi Jawa Barat menggelontorkan anggaran sebesar Rp 33 miliar untuk merevitalisasi pasar terluas di Jawa Barat tersebut melalui Program Pasar Rakyat Jabar Juara. Dalam Program Pasar Rakyat Jabar Juara, Pemda Provinsi Jabar menargetkan revitalisasi 25 pasar tradisional, dan sejauh ini sudah terealisasi 21 pasar.  Wajah baru Pasar Cisarua ini diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (26/02/2022).

 Baca juga: Ketahui Fakta Menarik Persija Vs Persib

"Pasar terluas di Jabar yang puluhan tahun kumuh dan tidak tertata sekarang sudah jauh lebih baik dengan pembangunan baru. Dananya dari Pemprov, kemudian ditambah Rp 6 miliar dari Pemkab Bogor menjadikan pasar ini luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Tak hanya merevitalisasi area dalam pasar, Pemda Provinsi Jabar rencananya membenahi pula jalan akses masuk pasar yang kondisinya kini relatif sempit dan agak rusak. Tak hanya bangunannya saja, akan tetapi aspek penguatan digitalisasi juga akan dilakukan sebagai syarat berstandar SNI, termasuk Pasar Cisarua yang akan segera memiliki platform digital.

Di Pasar Cisarua, Kang Emil didampingi Duta Pasar Rakyat Jabar Atalia Praratya Kamil, dan Bupati Bogor Ade Yasin berkesempatan meninjau ketersediaan minyak goreng yang sempat langka di sejumlah pasar.

Ade Yasin menyampaikan terima kasih karena Pasar Cisarua masuk dalam Program Pasar Rakyat Jabar Juara. Kepada masyarakat, Ade berpesan agar memelihara pasar yang sudah direvitalisasi dengan biaya yang tak sedikit itu.* (bersumber dari siaran pers / TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Pratama Arhan Menambah Daftar Pesepakbola Indonesia yang Bermain di Liga Jepang

Editor: Seni
								
    Bagikan  

Berita Terkait