Pusat Budaya Pageurageung, Kebanggaan Budaya Warga Kabupaten Tasikmalaya

Berita —Senin, 21 Feb 2022 22:37
    Bagikan  
Pusat Budaya Pageurageung, Kebanggaan Budaya Warga Kabupaten Tasikmalaya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Pusat Budaya Pagerageung tahap pertama, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (06/02/2022). (FOTO: Biro Adpim Jabar)

POSTPANGANDARAN (KAB. TASIKMALAYA),- Kabupaten Tasikmalaya kini memiliki Pusat Budaya Pagerageung yang diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (06/02/2022). Meski baru selesai tahap pertama, tapi pusat budaya ini sudah bisa digunakan. Hal ini juga menjadi bentuk komitmen Pemprov Jabar dalam melestarikan kebudayaan di kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya. Pagerageung merupakan tempat bersejarah. Sejak zaman kerajaan Mataram, penjajahan atau kolonial hingga perjalanan negara Indonesia sejak merdeka selalu mengisi dan mewarnai tempat ini.

"Pusat Budaya Pagerageung merupakan ruang interaksi para budayawan dan pelaku budaya untuk mengembangkan potensinya. Ini merupakan upaya peningkatan kualitas budaya Jawa Barat, serta sebagai pusat pengembangan, pelestarian, dan riset hingga pendidikan budaya Jabar," kata Boy Iman Nugraha, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap pusat budaya ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sebab, ia berharap lahir karya-karya kesenian dan kebudayaan yang membanggakan dari pusat budaya ini. Ia pun mempersilahkan masyarakat memanfaatkan pusat budaya ini, baik untuk tempat riset, ekspresi, maupun pameran. Sehingga bangunan ini tidak menjadi monumen semata.* (TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Tottenham Kalahkan Manchester City Secara Dramatis, Buka Peluang Liverpool



Editor: Admin
								
    Bagikan  

Berita Terkait