Jepang Kembali Dilanda Gempa Magnitudo 7,2 Akibatkan Tsunami dan Kerusakan

Berita —Sabtu, 20 Mar 2021 23:49
    Bagikan  
Jepang Kembali Dilanda Gempa Magnitudo 7,2 Akibatkan Tsunami dan Kerusakan
Gempa lokal di Jepang tak berpengaruh ke Indonesia (foto: BMKG)

POSTPANGANDARAN, JAKARTA


Jepang kembali dilanda gempa dan tsunami. Kali ini, gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 skala ritcher pada kedalaman 60 Km dengan lokasi di pantai timur laut Jepang atau di daerah Prefektur Miyagi, hari Sabtu (20/03/2021) petang sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Akibatnya, gempa bumi ini menimbulkan tsunami sekitar 1 meter.

Staf KBRI di Tokyo, Andri Sumaryadi, yang dihubungi melalui WhatApps, mengatakan, gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 tersebut telah menimbulkan gelombang tsunami setinggi sekitar 1 meter. Oleh karena itu, Badan Meterologi Jepang (JMA), memperingatkan warga Jepang untuk waspada.

"Gempa terjadi sekitar pukul 18.09 waktu disini (Jepang. red) dengan pusat di perairan Pasifik, lepas pantai Miyagi dengan kedalaman 60 Kilometer. Diberitakan, gelombang tsunami pertama hingga 1 meter menghantam daratan beberapa saat setelah gempa bumi," ungkap Andri Sumaryadi.


Menurut Andri Sumaryadi, pemerintah Jepang merespons dengan mengurangi segala bentuk aktivitas. Misalnya,  layanan Kereta Super Cepat Shinkansen Tohoku langsung dihentikan. "Banyak bangunan yanag rusak, namun scara resmi, sampai dengan saat ini, belum ada laporan mengenai korban dan kerusakan akibat gempa dan tsunami ini," ujar Andri Sumaryadi.

Diungkapkan Andri, guncangan gempa juga dirasakan di Tokyo yang jauhnya sekitar 400 km selatan pusat gempa. Namun, tidak begitu besar seperti terjadi pada tahun 2011 dimana gempa berkekuatan sekitar Magnitudo 9,0. (nst)


Editor: Admin
								
    Bagikan  

Berita Terkait